Perbedaan Huawei MatePad T10s Dan MatePad T10

Perbedaan Huawei MatePad T10s Dan MatePad T10

Lahir bersama pada Maret 2021, Huawei MatePad T10s dan MatePad T10 mampu menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Kehadiran dua tablet Huawei ini seharusnya mendukung aktivitas FMH (Work from Home) atau sekolah online, terutama di masa pandemi.

Kedua perangkat ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari orang tua, pekerja, pelajar hingga anak-anak. Huawei MatePad T10s dan Huawei MatePad T10 tampaknya memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Salah satunya memiliki dimensi bodi dengan panjang 240.2mm, lebar 159.0mm dan tebal 7.5mm.

Selain itu, keduanya ditenagai oleh chipset yang sama, yaitu Kirin 710 dengan prosesor delapan inti yang terdiri dari Cortex A73 yang terdiri dari empat inti hingga 2,0 GHz dan empat Cortex A53 yang efisien pada 1,7 GHz. . tablet diangkut oleh Mali G51.

MatePad T10s dan MatePad T10 dalam manajemen operasi menggunakan Android 10, yang didasarkan pada EMUI 10.1. Seperti perangkat Huawei pada umumnya, tampilan dan fungsinya juga mirip dengan penambahan aplikasi anak-anak. Bagi pengguna yang ingin mengunduh aplikasi, dapat membuka AppGallery, toko aplikasi buatan Huawei.

Kesamaan lain antara kedua perangkat Huawei adalah modul kamera sederhana yang mereka integrasikan. Ada dua sensor, satu untuk kamera depan dan satu untuk kamera belakang. Kamera utama memiliki 5 MP dengan bukaan f/2.2 dengan autofokus dan kamera depan memiliki resolusi 2 MP, dengan fokus tetap bukaan f/2.4.

Sementara untuk kemampuan merekam dalam resolusi Full HD, bisa dibilang cukup untuk video call atau rapat di aplikasi Zoom. Buat kamu yang penasaran dengan Huawei MatePad T10s dan Huawei MatePad T10, bisa membaca spesifikasi singkatnya di bawah ini.

Perbedaan dengan Huawei MatePad T10

Dari spesifikasi di atas, kita sudah bisa menemukan perbedaan antara Huawei MatePad T10s dan Huawei MatePad T10. Penasaran ingin tahu apa saja perbedaan kedua tablet Huawei tersebut? Carisignal telah merangkumnya secara lengkap di bawah ini:

1. Modul di layar

Perbedaan paling mencolok antara kedua tablet ini adalah pada pengaturan di layar. Keduanya memiliki ukuran layar yang berbeda tempat lahirnya Huawei MatePad T10 9,7in atau 24,64cm, sedangkan Huawei MatePad T10s dirancang untuk layar 10,1in atau 25,65cm. Dari sini terlihat bahwa Huawei MatePad T10s lebih unggul dari segi ukuran layar.

Kedua tablet yang menggunakan teknologi panel IPS LCD yang diklaim lebih hemat energi dan memiliki sudut pandang tersebut ternyata memberikan resolusi layar dengan takaran yang tidak merata. Untuk Huawei MatePad T10, perangkat ini memiliki resolusi layar 800 x 1280 piksel. Sedangkan Huawei MatePad 10s jauh lebih besar yaitu 1200 x 1920 piksel.

Dari segi rasio layar-ke-tubuh, Huawei MatePad T10 turun menjadi 71,68%, sedangkan Huawei MatePad T10s naik menjadi 77,72%. Hal ini menunjukkan bahwa Huawei MatePad T10s memiliki layar yang lebih besar dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan Huawei MatePad T10.

Dengan memiliki layar multi-sentuh, kedua perangkat ini masih memiliki celah dalam hal kerapatan piksel pada layarnya. Ketajaman layar yang baik dengan ukuran 224 ppi jatuh pada Huawei MatePad T10s. Sementara itu, kerapatan piksel yang disematkan pada Huawei MatePad T10 harus cukup dengan ukuran 156 ppi. Semakin tinggi kerapatan piksel, semakin tajam tampilan layar.

Meski memiliki banyak perbedaan dalam tampilan layarnya, siapa sangka kedua tablet ini terlihat kompak menyuguhkan kenyamanan pada mata penggunanya dengan bukti sertifikat TUV Rheinland yang mampu meredam cahaya biru berbahaya. .

2. Sensor

Sangat menarik untuk membicarakan kategori sensor di kedua tablet Huawei tersebut. Pasalnya, meski keduanya lahir pada waktu yang sama, sensor bawaan sebenarnya tidak memiliki nomor yang sama. Pada Huawei MatePad T10 terdapat sensor untuk cahaya (menyesuaikan cahaya) dan gravitasi (mendeteksi posisi yang bekerja sesuai dengan arah gravitasi)

Upgrade ke Huawei MatePad T10s, yang memiliki dua tambahan lain selain sensor cahaya dan gravitasi, yaitu proximity, yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi objek terdekat tanpa kontak fisik, dan accelerometer yang berguna untuk mengukur akselerasi, getaran, atau gerakan.

3. Mengisi baterai

Anda tahu sendiri bahwa tablet biasanya menerima tunjangan baterai yang besar. Buktinya adalah daya baterai yang diberikan pada Huawei MatePad T10s dan Huawei MatePad T10 dengan Li-Po 5 100 mAh.

Menurut saluran Shaan Haider, kinerja baterai Huawei MatePad T10 jauh lebih baik daripada Huawei MatePad T10s karena memiliki layar yang lebih kecil dan resolusi pengisian daya.

Perbedaan selanjutnya adalah Huawei MatePad T10s hadir dengan pengisian daya 10W, sedangkan Huawei MatePad T10 dengan teknologi 5W, sehingga pengisian daya MatePad T10s jauh lebih cepat.

4. Kapasitas ruang penyimpanan

Sebuah perangkat, baik smartphone maupun tablet, biasanya memiliki ruang penyimpanan yang terpasang. Biasanya, setiap perangkat memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang berbeda. Semakin besar kapasitas bawaan perangkat, semakin banyak data yang dapat disimpan pengguna dan menginstal aplikasi yang banyak dimuat.

Kedua tablet Huawei ini rupanya memiliki ukuran ruang penyimpanan yang tidak seimbang. Ruang penyimpanan dengan kapasitas 2/32 GB dan 3/64 GB telah terpasang di Huawei MatePad T10s.

Berbeda dengan Huawei MatePad T10 yang mengusung RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB dan 32 GB. Namun, keduanya bisa memasang memori eksternal hingga 512 GB.

5. Perbedaan lainnya

Dari nyali yang diusung masing-masing tablet Huawei ini, skor AnTuTu v8 tidak sama, meski tidak merata. Huawei MatePad T10 berhasil mencetak 129.861 poin, sedangkan Huawei MatePad T10s cukup puas dengan skor 129.800.

Perbedaan kedua perangkat Huawei ini terletak pada penawaran harga. Huawei MatePad T10 dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB dibanderol Rp 2,09 juta. Sedangkan untuk kamu yang ingin membawa Huawei MatePad T10, dana yang harus dikeluarkan sekitar Rp 2,49 juta untuk model 3/64 GB.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Related Posts