Oleh-Oleh Surabaya

Worstincanada –┬áKe Kota Surabaya tak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh oleh Surabaya yang paling khas dan original. Jika tidak pintar memilih, bisa saja membeli oleh-oleh yang sebenarnya banyak dijual di tempat lain bahkan mungkin di daerah asal Anda. Agar hal itu tidak terjadi, coba cek daftar berikut yang dipastikan hanya ada di Surabaya. Penasaran?

Oleh-oleh Khas Surabaya Yang Enak

Surabaya menjadi salah satu kota besar di Indonesia dengan perkembangannya yang sangat pesat. Tapi soal kuliner, masyarakatnya masih mencoba melestarikan peninggalan leluhur. Beberapa diantaranya menjadi oleh-oleh yang selalu dicari pendatang yang ingin berlibur atau bertugas di Kota Pahlawan tersebut.

1. Belinjo Udang

Jika Anda pecinta kerupuk, belinjo udang atau biasa juga disebut blinjo ini bisa jadi pilihan. Biji melinjo yang sudah matang di tumbuh menjadi pipih, kemudian dijemur dan diolah dengan bumbu berbahan udang khas Surabaya. Rasa gurih bercampur manis sangat identik saat Anda menikmati kerenyahannya, cocok dijadikan cemilan atau pelengkap hidangan makan siang.

2. Siropen Telasih

Ini adalah ikon oleh-oleh Kota Pahlawan, yaitu sirup yang berbahan dasar gula asli tanpa bahan pengawet. Proses pembuatannya juga masih sangat manual tanpa mesin, bahkan sejak awal didirikan tahun 1923 hingga saat ini. Jika dulu varian rasanya masih terbatas, sekarang sudah banyak pilihan aroma dan rasanya untuk Anda.

Mulai dari aroma melon, leci, jeruk, juga peppermint, sangat cocok untuk dijadikan minuman saat ada acara keluarga atau sekadang pelengkap ngemil di sore hari. Soal harga juga sangat terjangkau, yaitu Rp. 23.000/botolnya, tinggal kunjungi pusat oleh-oleh Surabaya untuk mendapatkan sirup legendaris ini.

3. Bebek Djangkep

Sebagai kawasan peternakan bebek yang cukup besar, Surabaya punya oleh-oleh berbahan bebek yang sangat terkenal. Dengan membayar Rp. 110.000 per kotaknya, Anda bisa membawa pulang satu ekor bebek yang sudah dicampur dengan bumbu kuning dsn diungkep. Jadi saat tiba di rumah, langsung bisa digoreng hingga warnanya jadi coklat terang.

Cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, bos di kantor, atau rekan kerja seruangan Anda. Apalagi jika mereka sangat suka dengan makanan berbahan dasar bebek, dijamin ketagihan sejak pertama kali mencicipi oleh oleh Surabaya yang terkenal ini.

4. Sambal Bu Rudy

Mau mencicipi berbagai rasa sambal khas Surabaya? Anda bisa menjadikan sambal Bu Rudy sebagai oleh-oleh. Dulu hanya tersedia sambal udang, tapi sekarang sudah ada sambal bajak dan sambal bawang yang dibanderol seharga Rp. 25.000/botolnya. Cocok untuk teman makan lalapan, ayam goreng hingga tempe mendoan.

5. Bandeng Asap

Ikan bandeng terkenal dengan durinya yang sangat banyak, tapi di Surabaya ikan ini sudah diolah jadi bandeng asap berbumbu khas tanpa duri. Banyak tersedia di pusat oleh-oleh dengan harga terjangkau. Cocok dijadikan lauk utama untuk makan bersama keluarga dengan tekstur empuk dan krispi pada bagian tipisnya, atau sekedar di cocol dengan sambal petis.

6. Spikoe Resep Kuno

Untuk pecinta yang manis-manis kue andalan masyarakat Surabaya ini juga bisa dijadikan pilihan. Karena rasa spikoe yang terbuat dari campuran kayu manis dan rempah lainnya itu, sangat berbeda dengan kue sejenis yang mungkin juga ada di daerah Anda. Pilihan isian dari kue jenis bolu ini ada tiga yaitu speculaas, kismis, original, atau menggunakan buah prem kering.

Berapa Harga spikoe Surabaya? Anda bisa membawa pulang dengan membayar hanya Rp. 80.000/loyang. Cocok untuk buah tangan yang diberikan untuk kolega, karena enak dan bisa tahan lama.

Itulah rekomendasi oleh oleh Surabaya yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang, dijamin beda dan sangat identik dengan Kota Pahlawan tersebut. Tunggu apalagi? Mulailah hunting dari sekarang!